alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Niat dan Tata Cara Salat Subuh Dilengkapi Doa Qunut

Riki Chandra Kamis, 15 April 2021 | 03:10 WIB

Niat dan Tata Cara Salat Subuh Dilengkapi Doa Qunut
Ilustrasi salat di rumah, sholat, ibadah. [Shutterstock]

Umat Islam yang melaksanakan salat di waktu subuh, kelak akan diberikan pahala yang melebihi keindahan dunia dan isinya.

SuaraSumbar.id - Salat subuh merupakan salat wajib bagi umat Islam. Setiap mendirikan salat, niat dan tata cara salat pun wajib benar dan sesuai dengan syariat Islam.

Salat subuh dilaksanakan pada waktu subuh atau menjelang matahari terbit. Salat subuh dapat dilakukan dengan berjamaah ataupun sendiri.

Umat Islam yang melaksanakan salat di waktu subuh, kelak akan diberikan pahala yang melebihi keindahan dunia dan isinya.

Banyak sekali keutamaan yang didapatkan saat menunaikan salat subuh. Salah satu hadits Rasulullah SAW mengatakan yang artinya "Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun subuh." (HR Tirmizi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah).

Baca Juga: Doa Qunut: Bacaan Latin dan Artinya

Hadist lain menyebutkan Allah SWT akan memberikan jaminan kepada hamba-Nya yang menunaikan salat subuh.

"Siapa yang menunaikan salat subuh, maka ia barada dalam jaminan Allah. Maka, jangan kamu mencari jaminan Allah dengan sesuatu (selain dari salat), yang pada saat kamu mendapatkannya justru kamu tergelincir ke dalam api neraka." (HR Muslim).

Dalam melaksanakan salat subuh, wajib untuk mengetahui bacaan niat dan tata cara salat subuh. Simak niat dan tata cara salat subuh berikut ini:

1. Niat Salat Subuh

Pertama yang harus dilakukan saat melaksanakan salat subuh adalah membaca niat salat subuh;

Baca Juga: Korban Penikaman Saat Hendak Salat Subuh di Balikpapan Ungkap Kronologis

"Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa."

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait