Riki Chandra
Foto SBY saat menjalani perawatan di Amerika Serikat karena sakit kanker prostat. (Tangkapan layar/Instagram)

SuaraSumbar.id - Kondisi kesehatan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mulai membaik. Proses pemulihan pasca operasi pengangkatan prostat di Mayo Clinic Rochester, Amerika Serikat pun berjalan lancar.

Hal itu diungkapkan langsung oleh SBY kepada publik lewat tayangan video yang diunggah di media sosial Instagram @aniyudhoyono dan diteruskan oleh Partai Demokrat di Jakarta, Selasa (23/11/2021).

Meski demikian, SBY masih akan menetap sementara di Rochester, Amerika Serikat. Hal ini dilakukan untuk keperluan kontrol sampai ia diperbolehkan pulang ke Indonesia oleh tim dokter.

“Sejauh ini pascatindakan yang dilakukan 11 hari yang lalu, tim dokter menyimpulkan bahwa yang saya alami sesuai dengan perkiraan bagi siapapun yang menjalani operasi pengangkatan kanker prostat yang dideritanya,” kata SBY.

Baca Juga: Penjaga Toko Kedatangan Tamu Beruang, Acak-acak Tempat Sampah dan Pembersih Tangan

“Mereka memiliki optimisme pada saatnya yang saya alami bisa diatasi dan kembali normal. Tentu, ini semua akan terjadi dengan pertolongan Tuhan yang Mahakuasa dengan teknologi, metodologi, keterampilan tim dokter di Mayo Clinic yang sebelumnya juga ditangani tim dokter di Indonesia,” tambah dia menerangkan.

SBY bulan ini didiagnosa oleh tim dokter mengidap kanker prostat stadium awal. Tim dokter yang merawat SBY di Indonesia merekomendasikan ia dirawat di Mayo Clinic Rochester, Amerika Serikat.

Mayo Clinic merupakan rumah sakit dan lembaga non profit yang memadukan pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian. Kampus dan rumah sakit utama Mayo Clinic tersebar di beberapa negara bagian di AS, di antaranya Rochester, Minnesota; Scottsdale dan Phoenix di Arizona; dan Jacksonville di Florida.

Dalam unggahan video yang sama, SBY juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang mendoakan kesembuhan dirinya.

“Ini pertama kali saya menyapa saudara-saudara di Indonesia setelah hampir 3 minggu saya di Rochester. Saya ingin mengucapkan terima kasih dengan rasa syukur dan haru, semua doa yang disampaikan kepada saya,” kata SBY.

Baca Juga: Andi Arief Puji Perlakuan Jokowi-SBY: Kedua Pemimpin Tinggalkan Tradisi Dendam

Ia juga secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yang telah menunjukkan kepedulian, perhatian, dan bantuan selama SBY berobat di AS.

Komentar