Diterjang Banjir, 20 Warga Padang Dievakuasi dari Kawasan Batu Busuak

Sebanyak 20 orang warga di sekitar Batu Busuak, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), dievakuasi tim gabungan SAR Padang.

Riki Chandra
Senin, 23 Januari 2023 | 23:43 WIB
Diterjang Banjir, 20 Warga Padang Dievakuasi dari Kawasan Batu Busuak
Proses evakuasi warga yang menjadi korban banjir di Kawasan Batu Busuak, Kecamatan Pauh, Kota Padang. [Suara.com/Istimewa]

SuaraSumbar.id - Sebanyak 20 orang warga di sekitar Batu Busuak, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), dievakuasi tim gabungan SAR Padang, Senin (23/1/2023).

Seluruhnya merupakan korban banjir yang rumah terendam air dengan ketinggian hingga sepinggang orang dewasa. Banjir tersebut dipicu hujan deras yang menyebabkan air sungai Batu Busuak meluap.

Kasi Ops Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang, Octavianto mengatakan, korban banjir terdiri dari wanita dan anak-anak. Mereka telah diungsikan ke lokasi yang lebih aman.

"Untuk perkembangan hingga pukul 22.00 WIB, tim telah mengevakuasi sebanyak sebanyak 20 warga yang terdampak banjir. Mereka terdiri dari wanita dan anak-anak hingga pria dewasa," katanya.

Baca Juga:Catatan BPBD Agam: Erupsi Marapi Sudah 162 Kali, Kolom Abu Tertinggi 1.000 Meter

"Dari 20 warga yang di evakuasi, juga ada yang dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan. Sementara, tim masih berada di lokasi untuk terus melakukan pemantauan," katanya lagi.

Selain itu, seorang warga setempat juga dilaporkan hilang terseret aliran sungai. Sampai saat ini, tim masih melakukan pencarian dengan melakukan penyisiran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Endrizal mengatakan pihaknya mendapatkan informasi warga hanyut berdasarkan laporan masyarakat setempat.

"Laporan yang kita seperti (ada orang yang hanyut). Namun petugas sedang di lapangan untuk melakukan pencarian," katanya.

Dalam melakukan pencairan, kata Endrizal, petugas yang dibantu warga setempat melakukan penyisiran kawasan sungai lokasi korban di laporkan hilang.

Baca Juga:Ini Update Data Kerusakan Akibat Gempa Magnitudo 7,5 di Maluku

Kontributor : B Rahmat

News

Terkini

Sejak 10 tahun lalu, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program JKN telah merevolusi sistem layanan kesehatan Indonesia.

News | 18:07 WIB

Seorang pria paruh baya yang diduga melakukan tindakan pencabulan terhadap anak di salah satu daerah di Kabupaten Agam diringkus jajaran Polresta Bukittinggi.

News | 17:15 WIB

Tiga orang tersangka kasus penipuan investasi bodong berkedok investasi jilbab dan mukena ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bukittinggi.

News | 13:34 WIB

AA yang berstatus pelajar di salah satu SMK Negeri itu ditangkap karena diduga hendak melakukan tawuran.

News | 16:35 WIB

Saat ditanya wartawan, Jokowi mengaku tidak ada yang istimewa dan khusus dari pertemuan tersebut.

News | 16:25 WIB

Buaya itu ditangkap saat berjemur tengah berjemur di pinggir sungai. Warga memasang perangkap menggunakan umpan ayam.

News | 15:49 WIB

Mantan Ketua DPD RI, Irman Gusman, berharap warga Muhammadiyah Sumatera Barat (Sumbar) ikut mengawal jalannya Pemilu 2024 agar berjalan sesuai dengan prosedur dan transparan.

News | 21:37 WIB

Lima warga China tewas dalam insiden penembakan massal di Half Moon Bay, California, Amerika Serikat. Kabar tersebut dipastikan oleh pemerintah negara itu sendiri.

News | 14:53 WIB

Sopir truk yang memicu kecelakaan beruntun hingga menewaskan tiga orang korban di jalan lintas Padang-Bukittinggi, ditetapkan sebagai tersangka.

News | 11:58 WIB

Sembilan warga Palestina tewas dan 16 lainnya luka-luka akibat serbuan tentara Israel di wilayah Tepi Barat, Kamis (26/1/2023).

News | 15:31 WIB

Empat unit kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di perempatan jalan Khatib Sulaiman-Raden Saleh, Kota Padang, tepatnya di depan Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar).

News | 11:49 WIB

Sembilan kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Jalan Padang-Bukittinggi, tepatnya di kawasan Jorong Pasar Rabaa, Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto Tanah Datar.

News | 11:07 WIB

Jumlah penumpang kapal yang turun di Pelabuhan Teluk Bayur sejak 15 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023, mencapai 8.119 orang.

News | 16:10 WIB

Satu unit Angkutan Desa (Angdes) masuk ke dalam sawah usai terperosok di lubang jalan.

News | 13:57 WIB

Kereta Api uap alias Mak Itam Sawahlunto ke Muaro Kalaban bakal segera dioperasikan.

News | 11:24 WIB
Tampilkan lebih banyak