Pemkab Agam Dorong Masyarakat Tanam Sayuran di Perkarangan Rumah, Ini Tujuannya

pihaknya gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat agar mereka memanfaatkan perkarangan rumahnya untuk menanam sayur-sayuran.

Suhardiman
Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:07 WIB
Pemkab Agam Dorong Masyarakat Tanam Sayuran di Perkarangan Rumah, Ini Tujuannya
Ilustrasi stunting. [Envato Elements]

SuaraSumbar.id - Pemkab Agam, Sumatera Barat (Sumbar), mendorong masyarakat agar menanam sayur-sayuran di perkarangan rumah untuk kebutuhan keluarga. Hal ini dilakukan agar dapat mencegah stunting pada anak.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Agam, Rosva Deswira mengatakan, pihaknya gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat agar mereka memanfaatkan perkarangan rumahnya untuk menanam sayur-sayuran.

"Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan perkarangan mereka dan kami siap mendampingi warga nantinya," katanya melansir Antara, Sabtu (21/1/2023).

Pihaknya telah menyediakan lokasi percontohan di samping kantor yang berada di Kecamatan Lubukbasung. Lokasi itu telah ditanam berbagai sayur-sayuran dan setiap hari tanaman itu dirawat.

Baca Juga:PT Pertamina Hulu Rokan Bersama KLHK Gelar Aksi Susur Sungai dan Gerakan Bersih Sungai Ciliwung

"Lokasi tersebut siap untuk dikunjungi oleh warga, sehingga tujuan dari program itu tercapai," ujarnya.

Pemanfaatan lahan pekarangan ini merupakan program Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Agam selama 2023. Program itu diberi nama Cegah Stunting dengan Pemanfaatan Perkarangan Keluarga (Ceting Parak).

"Ceting Parak itu merupakan inovasi dari kita dan pada tahun ini kita juga menyiapkan empat lokasi kawasan rumah lestari dalam upaya mencegah stunting," jelasnya.

Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk KB P2PA) Agam, Riyanti menambahkan jumlah keluarga beresiko stunting di Agam sebanyak 40.887 keluarga yang tersebar di 16 kecamatan.

Baca Juga:Ferry Irawan Joget dekat Ivan Fadilla, Publik: Venna Melinda Buang Mercy Dapat Bajaj

"Ini berdasarkan kriteria resiko stunting mulai dari jamban tidak sehat, jarak antara anak, perumahan tidak sehat dan lainnya," katanya.

Untuk mengantisipasi hal itu, Pemkab Agam menurunkan tim percepatan stunting dari tingkat kabupaten, kecamatan dan nagari untuk menangani agar keluar dari resiko stunting.

Tim tersebut berasal dari organisasi perangkat daerah terkait mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Perkim dan lainnya.

News

Terkini

Menurut Sandi, destinasi wisata halal di Indonesia akan ditingkatkan dari segi kesiapan layanan kuliner dan akomodasi halal.

News | 08:21 WIB

Partai Ummat konsisten memperjuangan nilai-nilai dan prinsip berlandaskan agama Islam dan kepentingan Bangsa.

News | 18:19 WIB

Sejak 10 tahun lalu, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program JKN telah merevolusi sistem layanan kesehatan Indonesia.

News | 18:07 WIB

Seorang pria paruh baya yang diduga melakukan tindakan pencabulan terhadap anak di salah satu daerah di Kabupaten Agam diringkus jajaran Polresta Bukittinggi.

News | 17:15 WIB

Tiga orang tersangka kasus penipuan investasi bodong berkedok investasi jilbab dan mukena ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bukittinggi.

News | 13:34 WIB

AA yang berstatus pelajar di salah satu SMK Negeri itu ditangkap karena diduga hendak melakukan tawuran.

News | 16:35 WIB

Saat ditanya wartawan, Jokowi mengaku tidak ada yang istimewa dan khusus dari pertemuan tersebut.

News | 16:25 WIB

Buaya itu ditangkap saat berjemur tengah berjemur di pinggir sungai. Warga memasang perangkap menggunakan umpan ayam.

News | 15:49 WIB

Mantan Ketua DPD RI, Irman Gusman, berharap warga Muhammadiyah Sumatera Barat (Sumbar) ikut mengawal jalannya Pemilu 2024 agar berjalan sesuai dengan prosedur dan transparan.

News | 21:37 WIB

Lima warga China tewas dalam insiden penembakan massal di Half Moon Bay, California, Amerika Serikat. Kabar tersebut dipastikan oleh pemerintah negara itu sendiri.

News | 14:53 WIB

Sopir truk yang memicu kecelakaan beruntun hingga menewaskan tiga orang korban di jalan lintas Padang-Bukittinggi, ditetapkan sebagai tersangka.

News | 11:58 WIB

Sembilan warga Palestina tewas dan 16 lainnya luka-luka akibat serbuan tentara Israel di wilayah Tepi Barat, Kamis (26/1/2023).

News | 15:31 WIB

Empat unit kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di perempatan jalan Khatib Sulaiman-Raden Saleh, Kota Padang, tepatnya di depan Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar).

News | 11:49 WIB

Sembilan kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Jalan Padang-Bukittinggi, tepatnya di kawasan Jorong Pasar Rabaa, Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto Tanah Datar.

News | 11:07 WIB

Jumlah penumpang kapal yang turun di Pelabuhan Teluk Bayur sejak 15 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023, mencapai 8.119 orang.

News | 16:10 WIB
Tampilkan lebih banyak