facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Kiamat Sudah Dekat, NASA Jelaskan Klaim Kemungkinan Matahari Terbit dari Barat

Chandra Iswinarno Jum'at, 10 Juni 2022 | 17:08 WIB

Viral Kiamat Sudah Dekat, NASA Jelaskan Klaim Kemungkinan Matahari Terbit dari Barat
ILUSTRASI - Bumi dan Matahari. [YouTube/@NASASolarSystem]

Artikel tersebut menggambarkan fenomena tersebut: Tidak seperti magnet batang klasik, atau magnet dekoratif di lemari es Anda, materi yang mengatur medan magnet Bumi bergerak

SuaraSumbar.id - Viral sebuah unggahan oleh akun Facebook yang diklaim resmi milik NASA, dan menginformasikan adanya kemungkinan matahari terbit dari barat atau disebut kiamat dalam keyakinan agama Islam.

Dalam unggahan berbahasa Thailand, akun tersebut mengatakan NASA mengumumkan kemungkinan matahari terbit dari barat.

Akun itu mengklaim, kemungkinan itu disebabkan bumi berputar ke arah yang berlawanan dan merupakan tanda hari kiamat semakin dekat. 

Dihubungi oleh kantor berita AFP, NASA menegaskan klaim itu salah alias hoaks.

Baca Juga: Sensor Navigasi Mati, Helikopter NASA di Mars Optimis Tetap Terbang

Unggahan tersebut disertai foto yang telah beredar di beberapa akun Facebook lainnya dalam waktu berlainan.

Foto itu menunjukkan matahari terbit di atas lautan dan disertai tulisan “NASA mengkonfirmasi kemungkinan matahari terbit dari barat."

Viral sebuah unggahan oleh akun Facebook yang diklaim resmi milik NASA, dan menginformasikan adanya kemungkinan matahari terbit dari barat atau disebut kiamat dalam keyakinan agama Islam. [Facebook]
Viral sebuah unggahan oleh akun Facebook yang diklaim resmi milik NASA, dan menginformasikan adanya kemungkinan matahari terbit dari barat atau disebut kiamat dalam keyakinan agama Islam. [Facebook]

Selain itu, ada pula tulisan “Para peneliti percaya bahwa kita sedang bergerak menuju kebalikan dari medan magnet yang akan membawa kita ke akhir umat manusia dan mendekati hari kiamat.”

Penelusuran AFP, klaim serupa sudah beredar sejak tahun 2010 hingga tahun ini, 2022. Klaim tersebut bahkan menjadi dasar untuk sebuah halaman Facebook.

Namun, klaim itu salah.

Baca Juga: Komentari Kabar Azka Corbuzier Akan Mualaf, Kalina Oktarani: Siapa yang Tak Senang Satu Agama Sama Anak?

Dihubungi oleh AFP, NASA mengatakan klaim tentang matahari terbit dari barat adalah "salah".

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait