facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hewan Sembuh dari Penyakit Mulut dan Kuku di Sumbar Capai 39 Ekor

Suhardiman Jum'at, 27 Mei 2022 | 16:58 WIB

Hewan Sembuh dari Penyakit Mulut dan Kuku di Sumbar Capai 39 Ekor
Sapi di salah satu kandang di wilayah Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). [Suara.com/ Angga Haksoro Ardi]

Data tersebut berdasarkan hitunggan terakhir pada 25 Mei 2022 kemarin.

SuaraSumbar.id - Hewan yang sembuh dari penyakit mulut dan Kuku (PMK) di Sumatera Barat (Sumbar), mencapai 39 ekor.  Namun demikian, lonjakan hewan sapi maupun kerbau terjangkit PMK makin bertambah setiap hari.

Melansir Covesia.com--jaringan Suara.com, Jumat (27/5/2022), hewan ternak terjangkit PMK sebanyak 846 ekor, dan 5 ekor lagi sudah diayatakan sembuh. Data tersebut berdasarkan hitunggan terakhir pada 25 Mei 2022 kemarin.

Kekinian berdasarkan data terbaru dari Dinas Perternakan dan Hewan Sumbar terjadi kenaikkan, dari hasil uji laboratorium tercatat 999 hewan positif PMK, 39 sembuh, ditemukan 1 hewan potong paksa, tidak ditemukan mungkin positif, serta juga tidak terdeteksi pada kambing.

Demikian dikatakan oleh Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinaskeswan Sumbar, M Kamil.

Baca Juga: Kemenkes Rilis Surat Edararan Kewaspadaan Cacar Monyet, Begini Isinya

"Hewan sembuh dari kabupaten Sijunjung, Agam dan Kota Pariaman. Sementara itu untuk potong paksa berasal dari kabupaten Padang Pariaman," katanya.

Rinciannya 67 kerbau positif PMK diantaranya Agam 27, Padang Pariaman 3, Pariaman 3, Sinjunjung 24, Solok 4, Solok 4, Tanah Datar 2.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait