alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Heboh Jokowi Beli Mobil Dinas Baru Rp 12 Miliar Saat Pandemi, Begini Faktanya

Riki Chandra Minggu, 01 Agustus 2021 | 09:10 WIB

Heboh Jokowi Beli Mobil Dinas Baru Rp 12 Miliar Saat Pandemi, Begini Faktanya
CEK FAKTA Mobil Dinas Baru Presiden Harga Rp 12 Miliar Dibeli Saat Pandemi. (Turnbackhoax.id)

Narasi pemerintah membeli mobil dinas baru untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) seharga Rp 12 miliar saat pandemi Covid-19 beredar di media sosial.

SuaraSumbar.id - Narasi pemerintah membeli mobil dinas baru untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) seharga Rp 12 miliar saat pandemi Covid-19 beredar di media sosial.

Narasi itu dibagikan akun Facebook bernama Brad Harris di grup “JOKOWI PRESIDEN GAGAL”. Akun ini memposting gambar seorang yang mirip Presiden Joko Widodo alias Jokowi sedang duduk di dalam mobil mewah.

Dalam narasinya, Brad mengklaim bahwa Presiden membeli mobil dinas baru bermerek Mercy atau Mercedes-Benz Pullman Guard S600. Mobil itu dibeli seharga Rp12 miliar pada tahun 2020.

Akun ini menyebut mobil dibeli di tengah hantaman pandemi Covid-19. Postingan Brad itu telah mendapat 543 likes dan telah dibagikan 13 kali.

Baca Juga: Jokowi Enggan Lockdown Karena Rakyat Menjerit, Pakar: Tak Terjadi Jika Tanggungjawab Penuh

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

"Katanya ini foto editan/hoax, bs jg bener hoax, tp mobil Mercy Pullman Guard S 600, dg harga berkisar 12 M ini bkn hoax.

Ini mobil dinas presiden yg baru, yg katanya si presiden tersebut adalah presiden yg ngerakyat. Dibeli thn 2020 saat pandemi copid dimana banyak rakyat yg hidupnya pd susah."

Benarkah klaim tersebut?

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id - jaringan Suara.com, narasi mobil dinas baru seharga Rp 12 miliar bagi presiden tidak benar.

Baca Juga: CEK FAKTA: Mobil Dinas Baru Presiden Harga Rp 12 Miliar Dibeli saat Pandemi, Benarkah?

Faktanya, mobil dinas baru buatan Jerman dengan merek Mercedes-Benz S600 Guard telah dipesan sejak tahun 2019. Mobil itu kemudian tiba di Indonesia pada awal tahun yakni 08 Januari 2020, dimana pandemi Covid-19 belum diumumkan WHO.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait