alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Saat Pandemi Covid-19, Prabowo Bikin Pasukan Kawal Khusus, Begini Kata DPR

Chandra Iswinarno | Novian Ardiansyah Selasa, 13 April 2021 | 14:05 WIB

Saat Pandemi Covid-19, Prabowo Bikin Pasukan Kawal Khusus, Begini Kata DPR
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membentuk Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus). (Tangkap Layar IG rizky_irmansyah)

Menhan Prabowo Subianto membentuk Denwalsus Kemenhan dikritik anggota DPR lantaran tidak urgen untuk saat ini.

SuaraSumbar.id - Langkah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membentuk pasukan khusus pengawalan atau Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus Kemenhan) dikritik Anggota Komisi I DPR Christina Aryani. Dia menilai langkah orang nomor satu Partai Gerindra tersebut bukan sesuatu yang urgen saat ini.

Dia mengemukakan, sebagai institusi sipil, pemberlakuan protokoler pengamanan di Kemenhan tidak berbeda dengan kementerian lain, yakni pengamanan yang bisa dilakukan oleh pamdal atau pengamanan dalam dan sejenisnya dengan sebutan berbeda.

"Jika memang ada kebutuhan khusus, Menhan dapat berkoordinasi dengan TNI-Polri, tanpa perlu membentuk Detasemen Khusus," kata Christina seperti dilansir Suara.com pada Selasa (13/4/2021).

Dia juga menilai standar pengamanan untuk tamu negara tidak harus menggunakan Denwalsus, karena protokoler keamaan tamu negara, terlebih setingkat presiden sudah pasti mendapatkan pengamanan Paspampres.

Baca Juga: Anggota Komisi I Sebut Denwalsus Bentukan Menhan Prabowo Tidak Urgen

"Praktik selama ini misalnya terkait keprotokolan tamu asing setingkat presiden itu diatur oleh Paspampres baik pengawalannya maupun jajar kehormatannya. Termasuk juga tamu asing setingkat menteri yang datang ke Indonesia, pengawalannya menjadi tanggung jawab Pam VVIP Polri. Daripada membentuk yang baru, saya berpendapat sebaiknya memaksimalkan saja yang sudah ada," sambungnya.

Sebelumnya, ajudan pribadi Prabowo Subianto, Rizky Irmansyah membantah apabila pembentukan Denwalsus memboroskan anggaran. Hal itu untuk menanggapi beragam pertanyaan warganet yang menyerbu unggahan Rizky yang memperlihatkan apel pagi personel Denwalsus.

Salah satu pertanyaan dari warganet yang dijawab ialah soal khawatir pembentukan Denwalsus membuat anggaran negara boros. Pertanyaan itu dituliskan akun @mile_solo di kolom komentar postingan ajudan pribadi Menhan Prabowo tersebut.

"Apa pasukan yang sudah ada tidak cukup sehingga dibentuk lagi Denwalsus hanya untuk satu kementerian saja, apa ini bukan pemborosan anggaran," tulisnya.

Rizky lantas menjawab dengan tegas kalau pembentukan Denwalsus sama sekali tidak membuat anggaran boros.

Baca Juga: Gerindra Sentil Eko Kuntadhi, Gara-gara 'Ngomongin' Prabowo

"Pemborosan anggaran yang Anda maksud bagaimana? Silahkan pelajari, tidak ada yang menyimpang apalagi seperti yang Anda bilang pemborosan anggaran negara," kata Rizky melalui akun Instagram @rizky_irmansyah pada Kamis (8/4/2021).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait