facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Geliat Bisnis Kostum Lukis Mahasiswi Unand Padang, Berawal dari Coba-coba

Riki Chandra Minggu, 04 April 2021 | 07:15 WIB

Geliat Bisnis Kostum Lukis Mahasiswi Unand Padang, Berawal dari Coba-coba
Zakiah Hafiza, mahasiswi Unand yang berbisnis kostum lukis. [Suara.com/B.Rahmat]

"Awalnya hanya coba-coba dan teman-teman sangat mendukung. Akhirnya terus saya kembangkan hingga menjadi bisnis seperti sekarang," kata gadis kelahiran Batusangkar itu.

SuaraSumbar.id - Hobi yang dibayar adalah pekerjaan yang didambakan semua orang. Lebih-lebih di tengah era digitalisasi, semua hobi nyaris bisa dijadikan uang. Bahkan, game online pun tak sedikit mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Salah seorang mahasiswi Universitas Andalas (Unand) Padang bernama Siti Zakiah Hafiza hobi melukis. Siapa nyana, kegemarannya melukis kini mendatangkan rupiah yang tak sedikit.

Saat ini, dara 21 tahun itu menggeluti bisnis kostum lukis. Menurutnya, jiwa seni yang dimilikinya telah lahir sejak masih kecil. Semula, Zakiah Hafiza hanya senang mencoret-coret dinding.

Cerita ibunya dulu, kata gadis yang kerap disapa Fiza itu, dia kerap menggambar sesuka hati ketika masih kecil. Lama kelamaan, melukis menjadi hobi dan akhirnya ketika duduk di bangku SD, Zakiah kerap mengikuti berbagai lomba mewarnai.

Baca Juga: 58 Siswa Positif Covid-19, SMAN 1 Sumatera Barat Disemprot Disinfektan

"Kata ibu sih begitu. Dulu saya sering coret-coret dinding rumah. Masuk SD, selalu ikut lomba mewarnai, jadi kemampuan makin terasah dengan sendirinya," kata anak kedua dari dua bersaudara itu kepada SuaraSumbar.id, Sabtu (3/4/2021).

Berbekal hobi dan kepandaiannya dalam melukis, Fiza pun kepikiran untuk membuat kostum lukis yang memiliki daya jual. Biasanya, dia kerap membuat kostum lukis hanya di atas kertas. Dijadikan pajangan dan susah dibawa kemana-mana.

Secara berangsur dan mendapat dukungan sahabat, Fiza pun mengembangkan kostum lukis ke pakaian. Alhasil, bisnisnya pun merangkak pelan-pelan dan kini telah memberikan penghasilan yang lumayan.

"Awalnya hanya coba-coba dan teman-teman sangat mendukung. Akhirnya terus saya kembangkan hingga menjadi bisnis seperti sekarang," kata gadis kelahiran Batusangkar itu.

Bisnis kostum lukis mahasiswi semester akhir jurusan Antropologi di FISIP Unand itu, tentu saja tak selalu berjalan mulus. Banyak tantangan yang juga harus dilalui Fiza.

Baca Juga: Muswil IPTI Sumbar, Menggelorakan Semangat Bertarbiyah Generasi Muda

"Kendalanya pasti ada. Mulai dari mencari cat, mengkombinasikan warnanya dan sebagainya. Berkat keinginan kuat, Alhamdulillah sudah bisa sesuai yang diinginkan pelanggan," katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait