facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Anggota DPR RI Dorong Masyarakat Jadi Peserta JKN-KIS, Ini Alasannya

Riki Chandra Rabu, 29 Desember 2021 | 21:49 WIB

Anggota DPR RI Dorong Masyarakat Jadi Peserta JKN-KIS, Ini Alasannya
Anggota DPR RI asal Sumbar, Suir Syam (tengah) saat sosialisasi program BPJS Kesehatan di Padang. [Dok.Istimewa]

DPR RI berharap seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan jaminan kesehatan yang layak.

SuaraSumbar.id - DPR RI berharap seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan jaminan kesehatan yang layak. Salah satunya yakni terdaftar menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Hal itu disampaikan Anggota DPR asal Sumbar, Suir Syam, dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi program JKN-KIS di aula Gedung Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Menurut anggota Komisi IX DPR RI itu, layanan kesehatan adalah hak dasar yang harus diberikan kepada masyarakat dan hal tersebut perlu diperhatikan.

“DPR RI mendorong agar masyarakat terdaftar sebagai peserta JKN-KIS," katanya.

Baca Juga: Perkuat Komunikasi, Upaya BPJS Kesehatan Tingkatkan Pemahaman Program JKN-KIS

Mantan Wali Kota Padang Panjang itu mengimbau masyarakat yang belum terdaftar, segeralah menjadi peserta. Sebab, layanan kesehatan ini akan terasa manfaatnya ketika dalam keadaan sakit dan membutuhkan biaya pengobatan besar.

"BPJS Kesehatan yang telah meningkatkan layanan dan terus berinovasi. Banyak hal yang kini memudahkan masyarakat. Jadilah peserta, karena ini demi kebaikan diri masing-masing," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Padang, Debi Mersah Putra mengatakan, masyarakat sudah banyak merasakan manfaat baik dari program JKN-KIS. Namun, pihaknya akan terus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang layanan kesehatan ini.

“BPJS Kesehatan akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Lewat Mobile Customer Service (MCS) kita akan jangkau daerah- daerah pelosok yang mungkin sangat jauh aksesnya ke kantor BPJS Kesehatan. Termasuk juga sosialisasi melalui media massa," katanya.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah menyediakan kanal-kanal informasi digital yang dapat diakses oleh siapa pun, kapan pun dan dimana pun. Keberadaan layanan tersebut juga menghindarkan masyarakat dari informasi bohong alias hoaks tentang program BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Cerita Peserta JKN-KIS Operasi Tumor Leher di Sumbar, Gratis Semuanya

Ada juga Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa) BPJS Kesehatan Care Center 165, MCS, Mobile JKN dan kanal lainnya. Khusus layanan Pandawa untuk wilayah kerja Kantor Cabang Padang (Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kepulauan Mentawai, Pesisir Selatan) dapat mengirimkan chat WhatsApp di nomor 082172138118 pada jam layanan dari jam delapan pagi sampai jam 2 siang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait