alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Benarkah Maruf Amin Mundur dan Kursi Wapres Digantikan Prabowo? Ini Faktanya

Riki Chandra Kamis, 22 Juli 2021 | 12:10 WIB

Benarkah Maruf Amin Mundur dan Kursi Wapres Digantikan Prabowo? Ini Faktanya
Fakta Maruf Amin mundur dari Wapres digantikan oleh Prabowo (Turnbackhoax.id)

Sebuah narasi menyebutkan bahwa Maruf Amin akan mundur dari jabatannya sebagai Wakil Presiden. Selanjutnya, kursi Wapres akan ditempati Prabowo Subianto.

SuaraSumbar.id - Sebuah narasi menyebutkan bahwa Maruf Amin akan mundur dari jabatannya sebagai Wakil Presiden. Selanjutnya, kursi Wapres akan ditempati oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Narasi tersebut diunggah oleh kanal YouTube Tribun PNS dengan judul video 'BERITA TERKINI ~ Ma’ruf Amin Mundur, Jokowi: Prabowo Gantikan Posisi!' yang rilis pada 8 Juli 2021.

Di halaman sampul video terdapat kutipan sebagai berikut “MENGEJUTKAN! MA’RUF AMIN MUNDUR JOKOWI : PRABOWO GANTIKAN POSISI !”.

Benarkah klaim dalam video tersebut?

Baca Juga: Wapres Maruf: Jangan Ada Kenaikan Level PPKM di Daerah

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id - jaringan Suara.com, Kamis (22/7/2021), klaim yang menyebut Maruf Amin mundur dari Wapres dan digantikan oleh Prabowo merupakan klaim yang salah.

Setelah ditelusuri, tidak ada informasi resmi dan valid terkait klaim tersebut.

Selain itu, narasi yang dimuat dalam video tersebut juga tidak memberikan informasi ataupun fakta-fakta yang mendukung klaim yang beredar.

Empat hari setelah beredarnya narasi tersebut, tepatnya pada 12 Juli 2021, Ma'ruf Amin masih memberikan tanggapan terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebagai Wakil Presiden.

Wakil Presiden Maruf Amin (Dok. KIP-Setwapres)
Wakil Presiden Maruf Amin (Dok. KIP-Setwapres)

Pernyataan Ma'ruf Amin tersebut dimuat dalam artikel berita Kompas.com berjudul 'Wapres: Aturan Baru PPKM Tak Ada Kata Menutup Masjid, tetapi Dilarang Berkerumun'. Media pemberitaan lainnya juga ikut mewartakan pernyataan Maruf Amin tersebut

Baca Juga: Kementerian Pertahanan Benarkan Proses Pembelian Enam Pesawat T-50i dari Korsel

Kesimpulan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait