alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wisuda Mahasiswa, Rektor Unand: Jangan Hanya Berpikir Jadi PNS

Eko Faizin Sabtu, 29 Mei 2021 | 17:05 WIB

Wisuda Mahasiswa, Rektor Unand: Jangan Hanya Berpikir Jadi PNS
Ilustrasi wisuda online. [Mohammad Shahhosseini/Unsplash]

"Semua lulusan punya kesempatan untuk menjadi wirausaha, jangan hanya berpikir menjadi ASN," kata Rektor Unand.

SuaraSumbar.id - Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat menggelar wisuda online II 2021 secara pada Sabtu (29/5/2021).

Dalam kesempatan itu, Rektor Unand Prof Yuliandri mengingatkan lulusan kampus tersebut jangan hanya berpikir menjadi PNS setelah menyelesaikan pendidikannya

"Setelah wisuda, lulusan Unand harus bisa berkompetisi, saya yakin dan percaya wisudawan mampu melakukannya dan bersaing dengan lulusan kampus lain," kata Yuliandri dikutip dari Antara, Sabtu (29/5/2021).

Ia juga meyakini lulusan Unand telah memiliki berbagai talenta dan keterampilan untuk menciptakan lapangan kerja dan menjadi wirausaha.

"Semua lulusan punya kesempatan untuk menjadi wirausaha, jangan hanya berpikir menjadi ASN," kata Rektor Unand.

Apalagi selama kuliah kampus juga membekali dengan kuliah kewirausahaan dan keterampilan teknis lainnya.

"Ada juga magang, kuliah kerja nyata, praktik kerja di berbagai tempat guna mengasah keterampilan," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengakui sejak 2020 pelaksanaan kuliah menjadi terkendala karena pandemi Covid-19 sehingga menggunakan dua cara yaitu tatap muka dan daring.

"Akan tetapi hal itu seharusnya tidak menjadi kendala untuk para lulusan terus meningkatkan keterampilan dan mengasah ilmu yang didapat," katanya.

Pada sisi lain ia juga mengingatkan Ikatan Alumni Unand turut menjembatani para lulusan memasuki dunia kerja dan bisa berkompetisi dengan baik.

Bagi mahasiswa sekarang apalagi yang notabene generasi milenial ada banyak peluang dan lapangan kerja yang bisa diisi hingga berusaha sendiri.

Pada wisuda II 2021 Unand meluluskan sebanyak 1.115 mahasiswa mulai dari program D3, S1, magister hingga doktor. (Antara)

Komentar

Berita Terkait