alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Doa Zakat Fitrah Lengkap dengan Besaran dan Waktu Membayarkannya

Riki Chandra Senin, 10 Mei 2021 | 12:15 WIB

Doa Zakat Fitrah Lengkap dengan Besaran dan Waktu Membayarkannya
Umat Islam membayar zakat fitrah kepada amil zakat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (5/5/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Zakat fitrah merupakan hal wajib yang dibayarkan oleh umat muslim yang melakukan puasa Ramadan atau yang masih hidup hingga malam terakhir bulan Ramadan.

SuaraSumbar.id - Jelang Hari Raya Idul Fitri, umat muslim diwajibkan membayar Zakat Fitrah untuk menyempurnakan ibadah puasanya. Ada sejumlah bacaan doa zakat fitrah sesuai dengan keperluannya.

Zakat fitrah merupakan hal wajib yang dibayarkan oleh umat muslim yang melakukan puasa Ramadan atau yang masih hidup hingga malam terakhir bulan Ramadan. Jika kepala keluarga membayarkan zakat fitrah anggota keluarganya yang lain maka perlu memperhatikan doanya. Doa zakat fitrah untuk keluarga berbeda dengan doa zakat fitrah pribadi.

Doa Zakat Fitrah untuk Keluarga

Ucapan niat juga perlu diperhatikan karena niat merupakan wujud kesungguhan hati. Berikut doa zakat fitrah untuk keluarga.

Baca Juga: Doa Zakat Fitrah untuk Keluarga: Bacaan Latin dan Artinya

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala.

Artinya: aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta’ala.

Besaran Zakat Fitrah

Dilansir dari laman islam.nu.or.id, terdapat ketentuan mengenai jumlah dan besaran dari zakat fitrah yang dibayarkan. Di antaranya berupa satu sha’ (4 mud atau 675 gram). Sementara itu, satu sha’ yakni setara dengan 2.7 kg atau 3.5 liter dari makanan pokok setempat yang berupa gandum, jagung, atau beras.

Jika tak membayar zakat fitrah dalam bentuk makanan pokok, maka seorang muslim dapat menggantinya dengan uang tunai yang setara dengan harga 2.7 kg atau 3.5 liter makanan pokok tersebut.

Baca Juga: Berkah Ramadan, Tahun Ini Dude Harlino Kembali Jalani Syuting

Dalam satu keluarga muslim biasanya kepala keluarga akan menghitung jumlah anggota keluarganya yang wajib membayar zakat fitrah. Kepala keluarga juga wajib memastikan semua anggota keluarganya sudah membayar zakat fitrah sesuai ketentuan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait