facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Revitalisasi Istana Kerajaan Inderapura Diusulkan ke Kemendikbud

Suhardiman Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:31 WIB

Revitalisasi Istana Kerajaan Inderapura Diusulkan ke Kemendikbud
Revitalisasi Istana Kerajaan Inderapura Diusulkan ke Kemendikbud. [Antara]

Sehingga mereka tidak kehilangan jati dirinya sebagai anak bangsa yang besar dan berdaulat.

SuaraSumbar.id - Revitalisasi Istana Kerajaan Inderapura dan Benteng Portugis di Pulau Cingkuak diusulkan ke Kemendikbud.

Hal tersebut dalam rangka menunjang media pembelajaran, terutama bagi siswa mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga perguruan tinggi serta lembaga penelitian soal kebudayaan.

Demikian dikatakan oleh Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar, melansir Antara, Sabtu (25/6/2022).

"Mereka harus dipupuk dengan rasa cinta terhadap budaya dan sejarah. Bung Karno mengistilahkan dengan Jas Merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah," katanya.

Baca Juga: Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Rambut Berketombe

Ia mengatakan, generasi muda sebagai bibit-bibit emas harus kenal dengan budaya daerah dan bangsanya. Sehingga mereka tidak kehilangan jati dirinya sebagai anak bangsa yang besar dan berdaulat.

"Jati diri adalah kekuatan sesungguhnya. Jadi, jangan sampai generasi penerus kehilangan jati dirinya," tuturnya.

Tak hanya revitalisasi Istana Inderapura dan Benteng Pulau Cingkuak, dirinya juga mengusulkan pendirian Museum Daerah, sehingga peninggalan sejarah dan hasil budaya Pesisir Selatan bisa disimpan.

Lebih dari itu bisa dirawat dengan baik, dipamerkan, sekaligus jadi objek penelitian guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian hasil cipta, rasa dan karsa daerah berjuluk 'Negeri Sejuta Pesona' itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Salim Muhaimin menyampaikan, Pesisir Selatan kaya akan keberadaan situs cagar budaya, bahkan ada di 15 kecamatan yang ada di daerah itu.

Baca Juga: 4 Kelakuan Kontroversial Ronaldinho yang Pernah Hebohkan Dunia

Revitalisasi situs cagar budaya dan pembangunan museum daerah juga sebagai upaya mewujudkan visi Pesisir Selatan bermartabat yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait