facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bill Gates Dituding Dalang Wabah Cacar Monyet, Begini Faktanya

Riki Chandra Rabu, 25 Mei 2022 | 15:42 WIB

Bill Gates Dituding Dalang Wabah Cacar Monyet, Begini Faktanya
Jennifer Gates dan Bill Gates (instagram/jenniferkgates)

Pendiri Microsoft, Bill Gates, kerap diberitakan sebagai dalang pandemi Covid-19. Berita dan informasi hoaks tentang itu pun menyebar di berbagai media.

SuaraSumbar.id - Pendiri Microsoft, Bill Gates, kerap diberitakan sebagai dalang pandemi Covid-19. Berita dan informasi hoaks tentang itu pun menyebar di berbagai media.

Kali ini, Bill Gates lagi-lagi diisukan sebagai dalang dibalik wabah Cacar Monyet yang sedang merebak di berbagai negara dunia.

Sebuah klaim Facebook baru-baru ini menyatakan bahwa "semua orang tahu Bill Gates berada di balik wabah cacar monyet" tidak berdasar dan salah.

Bagaimana faktanya?

Baca Juga: Kemenkes Ungkap Virus Penyebab Penyakit Cacar Monyet, Bagaimana Penularannya?

Dari penulusuran Suara.com, unggahan itu sudah ditandai sebagai bagian dari upaya Facebook untuk memerangi berita palsu dan informasi yang salah di News Feed mereka.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa wabah itu sedang diselidiki. Namun, seperti dikutip dari politifact, sebuah situs untuk memeriksa fakta, Dr. David Heymann, penasihat terkemuka organisasi yang sebelumnya mengepalai departemen daruratnya, mengatakan bahwa penyebarannya di negara maju adalah "peristiwa acak" yang tampaknya merupakan hasil dari kontak intim antara orang-orang yang menghadiri dua rave baru-baru ini di Eropa.

Sementara itu, penularan cacar monyet dari manusia ke manusia terjadi melalui kontak dengan lesi kulit, cairan tubuh, pakaian dan tempat tidur yang terkontaminasi, atau kontak jarak dekat dan lama dengan tetesan pernapasan.

Di Amerika Serikat, kasus yang dikonfirmasi dan kemungkinan melibatkan orang-orang yang baru saja bepergian ke luar negeri.

Sejauh ini tidak ada bukti yang untuk mendukung klaim bahwa Bill Gates berada di balik wabah tersebut.

Baca Juga: Wabah Cacar Monyet Merebak, Perlukah Vaksin Khusus?

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait