facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Profil Lily Wahid, Adik Kandung Gus Dur yang Meninggal Dunia di RSCM Jakarta

Riki Chandra Senin, 09 Mei 2022 | 18:09 WIB

Profil Lily Wahid, Adik Kandung Gus Dur yang Meninggal Dunia di RSCM Jakarta
Lily Wahid adik kandung Gus Dur wafat di RSCM, Senin (9/5/2022). [ANTARA]

Dalam keterangan yang beredar, jenazah Lily Wahid akan disemayamkan di West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur, Bogor.

SuaraSumbar.id - Lily Chodidjah Wahid atau Lily Wahid meninggal dunia. Adik kandung Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu wafat pada Senin (9/5/2022) pukul 16.28 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Dalam keterangan yang beredar, jenazah Lily Wahid akan disemayamkan di West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur, Bogor.

"Insyaallah jenazah akan dimakamkan di Pesantren Tebuireng Jombang besok berangkat dari rumah duka besok selasa 10 Mei 2022 pukul 05:00 WIB. Mohon dimaafkan kesalahan beliau semasa hidupnya," begitu bunyi pesan yang beredar di grup WhatsApp.

Profil Lily Wahid

Baca Juga: Adik Kandung Gus Dur, Lily Chodidjah Wahid Wafat

Lily Chodidjah Wahid adalah adalah adik kandung Gus Dur yang lahir di Jombang pada 4 Maret 1948. Namanya mulai dikenai publik ketika mendukung kepengurusan PKB hasil Muktamar Ancol awal 2008 yang melahirkan Muhaimin Iskandar dan Lukman Edy sebagai ketum dan sekjen PBB.

Saat itu, Lily berseberangan dengan kakaknya, Gus Dur. Setelah Muhaimin menang, Lily Wahid menempati posisi sebagai Wakil Ketua Dewan Syuro DPP PKB.

Pada Pemilu 2009, Lily terpilih sebagai anggota DPR RI dari Dapil Jawa Timur II. Dia kritis terhadap berbagai kebijakan pemerintah yang dianggap bisa merugikan masyarakat.

Saat skandal Bank Century mencuat, Lily bersama delapan anggota DPR dari lintas fraksi berinisiatif membentuk Tim Sembilan. Tim inilah yang menggagas usulan penggunaan hak angket DPR untuk mengusut kasus pengucuran dana Rp 6,7 triliun ke Bank Century.

Saat remaja, dia sudah mengenal politik. Ketika usianya masih sekitar 19 tahun, Lily sempat dicalonkan menjadi anggota DPR. Namun, dia memutuskan membatalkan pencalonan karena sudah banyak anggota keluarga yang menjadi caleg kala itu. Terlebih dia memang lahir dari keluarga Wahid Hasyim yang dekat dengan hirup pikuk politik.

Baca Juga: Lily Wahid Adik Kandung Gus Dur Wafat di RSCM

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait